Tanya Jawab Seputar Kurikulum 2013
1.
Tuliskan
latar belakang munculnya kurikulum 2013 ?
Yang menjadi latar
belakang munculnya kurikulum 2013 diantaranya adalah :
a.
Amanat
dari pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, hal ini dipertegas
dengan pasal 31 ayat (3) yang memerintahkan kepada pemerintah untuk
menyelenggarakan pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan
serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
b.
Upaya
pemenuhan dan peningkatan terhadap Standar Nasional Pendidikan (SNP)
c.
Semakin
meningkatnya jumlah penduduk usia produktif dari tahun ke tahun. Keadaan ini
akan menjadi beban bagi Negara jika tidak dibentuk menjadi sumber daya manusia
yang memiliki kompetensi dan keterampilan melalui pendidikan.
d.
Tantangan arus globalisasi dan peningkatan
IPTEK yang dapat mengubah pola hidup sederhana menjadi modern di masyarakat. Jjika
system pendidikan Nasional tidak mengikuti perkembangan zaman, maka sumber daya
manusia Indonesia akan kalah bersaing dengan Negara lain.
e.
sebagai
pengembangan dan penyempurnaan kurikulum sebelumnya, yaitu kurikulum KBK 2004
dan kurikulum KTSP 2006.
2.
Apa
perbedaan antara Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013 ?
Di
bawah ini adalah beberapa perbedaan antara Kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013
:
No.
|
Kurikulum 2006
|
Kurikulum 2013
|
1
|
Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi
|
Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan
|
2
|
Standar Isi dirumuskan berdasarkan Tujuan Mata
Pelajaran (Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran) yang dirinci menjadi
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
|
Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan
melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran
|
3
|
Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap,
pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan
|
Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap
pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan,
|
4
|
Kompetensi diturunkan dari mata pelajaran
|
Mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin
dicapai
|
5
|
Mata pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti
sekumpulan mata pelajaran terpisah
|
Semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti (tiap
kelas)
|
3.
Aspek-aspek
apa saja yang perlu diperhatikan dalam Kurikulum 2013 ?
Aspek
yang harus diperhatikan dalam implementasi kurikulum 2013 adalah pada proses
pembelajaran dan penilaiannya. Terdapat tiga ranah yang harus diperhatikan dalam proses
pembelajaran dan penilaian yaitu : sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi : sikap, pengetahuan dan keterampilan diuraikan menjadi KI-1, KI-2, KI-3 dan
KI-4 yang memandu penetapan materi
pembelajaran. Dengan kata lain aktivitas pembelajaran harus
didesain pada tiga
ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan dalam proses penilaian, pelaksanaannya menggunakan
tes, obervasi, portfolio dan penilaian
sikap.
4.
Apa
yang Bapak/Ibu ketahui tentang pendekatan saintifik?
Pendekatan
saintifik dalam pembelajaran adalah
proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik membentuk konsep sendiri
melalui tahapan mengamati, menanya, Mengumpulkan informasi,
Mengasosiasi/menalar, mengkomunikasikan
konsep yang ditemukan.
Pendekatan saintifik dimaksudkan
untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal dan memahami
berbagai materi dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Artinya informasi bisa
didapat dimana saja dan kapan saja tidak bergantung pada informasi searah dari
guru.
5.
Apa
yang dimaksud dengan penilaian Autentik ?
Penilaian autentik (Authentic Assessment) adalah pengukuran terhadap hasil
dan prestasi belajar
peserta didik yang
meliputi ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
Pada implementasi kurikulum-13 2016 telah mengalami revisi pada KD dari KI3 dan KD dari KI4 yang ditata kembali, sehingga KD3.1 berpasangan dengan KD4.1, KD3.2-KD4.2 dst. Pendekatan Pembelajaran yang sebelumnya adalah pendekatan scientific direvisi dengan menambahkan dengan Pembelajaran aktif. Pada Penilaian sikap khususnya sebelumnya menggunakan empat Instrumen Sikap, yakni: obeservasi, penilaian diri, penialaian antar teman dan Jurnal, hasil revisi lebih pada instrumen Observasi dilakukan secara kontinyu sementara 3 instrumen lainnya dapat dilakukan 1 atau 2 kali dalam 1 semester, dan sifatnya sebagai instrumen konfirmasi terhadap data (instrumen) observasi. Selanjutnya sebelum revisi menggunakan Skala nilai penilaian 0-4 sekarang sebagai revisinya adalah 0-100.
BalasHapusPertanyaanya:
Apakah sekolah implementator kurikulum -13 dengan versi 2013 akan mengikuti hasil revisi dan mengimplementasikannya pada tahun 2016?
Pada implementasi kurikulum-13 2016 telah mengalami revisi pada KD dari KI3 dan KD dari KI4 yang ditata kembali, sehingga KD3.1 berpasangan dengan KD4.1, KD3.2-KD4.2 dst. Pendekatan Pembelajaran yang sebelumnya adalah pendekatan scientific direvisi dengan menambahkan dengan Pembelajaran aktif. Pada Penilaian sikap khususnya sebelumnya menggunakan empat Instrumen Sikap, yakni: obeservasi, penilaian diri, penialaian antar teman dan Jurnal, hasil revisi lebih pada instrumen Observasi dilakukan secara kontinyu sementara 3 instrumen lainnya dapat dilakukan 1 atau 2 kali dalam 1 semester, dan sifatnya sebagai instrumen konfirmasi terhadap data (instrumen) observasi. Selanjutnya sebelum revisi menggunakan Skala nilai penilaian 0-4 sekarang sebagai revisinya adalah 0-100.
BalasHapusPertanyaanya:
Apakah sekolah implementator kurikulum -13 dengan versi 2013 akan mengikuti hasil revisi dan mengimplementasikannya pada tahun 2016?