Tanya Jawab Seputar Kurikulum 2013



1.    Tuliskan latar belakang munculnya kurikulum 2013 ?

Yang menjadi latar belakang munculnya kurikulum 2013 diantaranya adalah :
a.      Amanat dari pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, hal ini dipertegas dengan pasal 31 ayat (3) yang memerintahkan kepada pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
b.      Upaya pemenuhan dan peningkatan terhadap Standar Nasional Pendidikan (SNP)
c.       Semakin meningkatnya jumlah penduduk usia produktif dari tahun ke tahun. Keadaan ini akan menjadi beban bagi Negara jika tidak dibentuk menjadi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan keterampilan melalui pendidikan.
d.       Tantangan arus globalisasi dan peningkatan IPTEK yang dapat mengubah pola hidup sederhana menjadi modern di masyarakat. Jjika system pendidikan Nasional tidak mengikuti perkembangan zaman, maka sumber daya manusia Indonesia akan kalah bersaing dengan Negara lain.
e.       sebagai pengembangan dan penyempurnaan kurikulum sebelumnya, yaitu kurikulum KBK 2004 dan kurikulum KTSP 2006.

2.    Apa perbedaan antara Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013 ?

Di bawah ini adalah beberapa perbedaan antara Kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013 :

No.
Kurikulum 2006
Kurikulum 2013
1
Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi

Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan

2
Standar Isi dirumuskan berdasarkan Tujuan Mata Pelajaran (Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran) yang dirinci menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran

Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran

3
Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap, pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan

Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan,

4
Kompetensi diturunkan dari mata pelajaran

Mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai

5
Mata pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti sekumpulan mata pelajaran terpisah

Semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti (tiap kelas)



3.    Aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam Kurikulum 2013 ?

Aspek yang harus diperhatikan dalam implementasi kurikulum 2013 adalah pada proses pembelajaran dan penilaiannya. Terdapat tiga ranah  yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran dan penilaian yaitu : sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi : sikap,  pengetahuan dan keterampilan diuraikan menjadi KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4 yang memandu penetapan materi pembelajaran. Dengan kata lain aktivitas pembelajaran harus didesain pada tiga ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan dalam proses penilaian, pelaksanaannya menggunakan tes, obervasi, portfolio dan penilaian sikap.

4.    Apa yang Bapak/Ibu ketahui tentang pendekatan saintifik?
Pendekatan saintifik dalam pembelajaran adalah proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik membentuk konsep sendiri melalui tahapan mengamati, menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi/menalar, mengkomunikasikan konsep yang ditemukan.
Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal dan memahami berbagai materi dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Artinya informasi bisa didapat dimana saja dan kapan saja tidak bergantung pada informasi searah dari guru.

5.    Apa yang dimaksud dengan penilaian Autentik ?

Penilaian autentik (Authentic Assessment) adalah pengukuran terhadap hasil dan prestasi belajar peserta didik yang meliputi ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

2 komentar:

  1. Pada implementasi kurikulum-13 2016 telah mengalami revisi pada KD dari KI3 dan KD dari KI4 yang ditata kembali, sehingga KD3.1 berpasangan dengan KD4.1, KD3.2-KD4.2 dst. Pendekatan Pembelajaran yang sebelumnya adalah pendekatan scientific direvisi dengan menambahkan dengan Pembelajaran aktif. Pada Penilaian sikap khususnya sebelumnya menggunakan empat Instrumen Sikap, yakni: obeservasi, penilaian diri, penialaian antar teman dan Jurnal, hasil revisi lebih pada instrumen Observasi dilakukan secara kontinyu sementara 3 instrumen lainnya dapat dilakukan 1 atau 2 kali dalam 1 semester, dan sifatnya sebagai instrumen konfirmasi terhadap data (instrumen) observasi. Selanjutnya sebelum revisi menggunakan Skala nilai penilaian 0-4 sekarang sebagai revisinya adalah 0-100.
    Pertanyaanya:
    Apakah sekolah implementator kurikulum -13 dengan versi 2013 akan mengikuti hasil revisi dan mengimplementasikannya pada tahun 2016?

    BalasHapus
  2. Pada implementasi kurikulum-13 2016 telah mengalami revisi pada KD dari KI3 dan KD dari KI4 yang ditata kembali, sehingga KD3.1 berpasangan dengan KD4.1, KD3.2-KD4.2 dst. Pendekatan Pembelajaran yang sebelumnya adalah pendekatan scientific direvisi dengan menambahkan dengan Pembelajaran aktif. Pada Penilaian sikap khususnya sebelumnya menggunakan empat Instrumen Sikap, yakni: obeservasi, penilaian diri, penialaian antar teman dan Jurnal, hasil revisi lebih pada instrumen Observasi dilakukan secara kontinyu sementara 3 instrumen lainnya dapat dilakukan 1 atau 2 kali dalam 1 semester, dan sifatnya sebagai instrumen konfirmasi terhadap data (instrumen) observasi. Selanjutnya sebelum revisi menggunakan Skala nilai penilaian 0-4 sekarang sebagai revisinya adalah 0-100.
    Pertanyaanya:
    Apakah sekolah implementator kurikulum -13 dengan versi 2013 akan mengikuti hasil revisi dan mengimplementasikannya pada tahun 2016?

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman

10 september
Jangan Takut Bahwa Hidup Anda Akan Segera Berakhir, Takutlah Jikalau Anda Tidak Pernah Hidup. (Grace Hansen)
Free Baby Roll ani Cursors at www.totallyfreecursors.com
APAPUN YANG BISA DIBAYANGKAN OLEH PIKIRAN MANUSIA SERTA DIYAKINI DAN DIUSAHAKANNYA PASTI AKAN TERCAPAI

Translate

Search

Copyright Text