Contoh RPP tematik kelas V (tema 1 sub tema 2 pembelajaran 1)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN. Jayasakti 02
Kelas/Semester : V / 1 (Satu)
Tema/Subtema : Benda-benda di Lingkungan
Sekitar/Perubahan Wujud
Benda
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (5x35 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
IPA
Kompetensi Dasar :
3.4.
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan
sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan
lingkungan sekitar
4.7.
Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan
alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika
permasalahan tersebut tidak diatasi.
Indikator :
3.4.1
Mengenal perubahan-perubahan alam yang disebabkan pengaruh kegiatan manusia
4.7.1
Membuat laporan tertulis hasil studi pustaka tentang perubahan-perubahan alam
yang disebabkan karena pengaruh kegiatan manusia
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.1. Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
Indikator
:
3.1.1 Menggali
informasi dari bacaan tentang keseimbangan alam karena pengaruh kegiatan
manusia
4.1.1 Menemukan
bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara
pencegahannya
Matematika
Kompetensi Dasar :
3.2.
Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen)
dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan
perkailan dan pembagian
4.1.
Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan
berbagai kemungkinan jawaban
Indikator :
3.2.1
Mengenal arti pembagian pecahan.
4.1.1
Melakukan operasi pembagian pecahan
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mencermati gambar peristiwa
siswa memahami perubahan yang terjadi pada alam dengan sikap penuh rasa ingin
tahu.
2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa
mengetahui bentuk perubahan wujud benda yaitu perubahan fisika dan perubahan
kimia secara logis dan penuh rasa ingin tahu.
3. Dengan menggali informasi siswa dapat
menalar contoh – contoh perubahan, faktor penyebab, serta dampak yang
ditimbulkannya secara logis dan tepat.
4. Dengan mencermati teks bacaan siswa
memahami Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan Oleh Manusia Terhadap
Keseimbangan Ekosistem dengan cermat dan teliti.
5. Dengan
mengerjakan soal latihan Matematika siswa dapat menyusun pecahan ke dalam
pembagian pecahan secara mandiri, cermat dan teliti.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Perubahan
alam karena pengaruh perilaku manusia
2. Mencari
informasi penting dari teks bacaan (Kosakata baku dan tidak baku)
3. Mengenal
arti pecahan dan melakukan operasi pembagian pecahan
E.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Metode
: Ceramah, Diskusi, Tanya
jawab
Model
: Pembelajaran Berbasis
Penemuan (Discovery Learning)
Pendekatan
: Saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan
informasi,
mengasosiasi/mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan)
F.
Media,
Alat, dan Sumber Belajar
1. Media
dan Alat : Buku, teks bacaan Dampak
Perubahan
Lingkungan yang
disebabkan oleh manusia
terhadap
keseimbangan ekosistem
2. Sumber
:
Susilawati, Fransiska, dkk. 2014. Buku Siswa SD Kelas 5
Tema 1 : Benda-benda di lingkungan
sekitar. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah dalam Discovery Learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembuka
|
|
a. Guru membuka pelajaran dengan
menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
b. Guru meminta salah seorang peserta
didik untuk memimpin doa
c. Guru melakukan apersepsi sebagai
awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti
d. Guru memberikan motivasi kepada
peserta didik agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan
dilaksanakan
e. Peserta didik mendengarkan
penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa
tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana
dan dapat dipahami.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Stimulasi
|
a. Sebagai kegiatan pembuka siswa
diminta untuk mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa.
b. Guru menstimulus rasa ingin tahu
siswa dengan memberikan pertanyaan pancingan seperti : peristiwa atau objek
apakah yang tampak pada kedua gambar ?
c. Guru membimbing peserta didik untuk
menggali informasi dan data tentang penyebab terjadinya perubahan alam yang
disebabkan karena aktivitas manusia melalui tulisan pada buku atau majalah.
|
155 menit
|
|
Identifikasi Masalah
|
a. Kegiatan stimulasi dilanjutkan dengan
kegiatan identifikasi masalah, dengan cara membimbing peserta didik untuk
berdiskusi dalam kelompok untuk mencari tahu tentang contoh-contoh perubahan
alam yang disebabkan oleh pengaruh kegiatan manusia.
|
155 menit
|
|
Pengumpulan Data
|
a. Peserta didik diberi kesempatan
untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, pada buku siswa disajikan
contoh kegiatan pengumpulan data berupa menggali informasi melalui tulisan
pada buku, atau majalah, atau literature lainnya.
b. Guru membimbing siswa untuk
menemukan informasi dari bacaan tentang contoh perubahan alam yang disebabkan
pengaruh kegiatan manusia dan mencari kosakata yang baru mereka kenal serta menuliskannya pada buku tabel kosakata
baku/tidak baku.
|
|
|
Pengolahan Data
|
a. Guru membimbing siswa untuk mengolah
informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara
cermat dan teliti.
b. Guru meminta siswa untuk
mengemukakan pendapatnya mengenai contoh perilaku manusia yang menyebabkan
perubahan alam dan tindakan pencegahannya yang dapat dilakukan.
c. Guru membimbing siswa dalam
menghubungkan peristiwa-peristiwa perilaku manusia yang menyebabkan perubahan
alam dengan perubahan wujud benda dan dampak yang ditimbulkannya.
|
|
|
Pembuktian
|
a. Peserta didik dan teman sekelasnya
dengan bimbingan guru mencoba mencari hubungan antara hasil pengolahan
informasi mereka dari bacaan tentang perubahan alam dengan perilaku manusia,
dampak yang ditimbulkan, dan pencegahanya.
b. Guru memberikan penguatan materi IPA
tentang perubahan alam akibat perilaku manusia dan dampaknya dengan
pembahasan contoh kontekstual dalam soal pembagian pecahan matematika.
|
|
|
Menarik Kesimpulan
|
a. Pada akhir proses pembelajaran,
peserta didik dan guru menarik sebuah kesimpulan bersama dari semua kegiatan
yang telah mereka lalui dan lakukan disepanjang hari tersebut.
b. Kesimpulan tersebut dituangkan
dalam bentuk misalnya catatan harian, lembar refleksi, atau peta pikiran
|
|
Penutup
|
|
a. Peserta didik bersama-sama guru
membuat rangkuman/simpulan dari kegiatan hari itu
b. Peserta didik melakukan perenungan
dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka
pelajari pada hari tersebut yaitu bagian yang sudah mereka pahami dengan
baik, bagian yang belum dipahami, serta hal apa saja yang mereka ingin
ketahui lebih lanjut)
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya
sekitar
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk kerja
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
a. Penilaian
sikap
No
|
Nama siswa
|
SIKAP
|
|||||||||||
RIT
|
PD
|
PEDULI LING
|
|||||||||||
BT
|
KD TMPK
|
TMPK
|
MNJL
|
BT
|
KD TMPK
|
TMPK
|
MNJL
|
BT
|
KD TMPK
|
TMPK
|
MNJL
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT :
BELUM TAMPAK : SKOR 1
KD TMPK :
KADANG TAMPAK : SKOR 2
TMPK :
TAMPAK : SKOR 3
MNJL :
MENONJOL : SKOR 4
b. Penilaian
pengetahuan
Bagian
I
Kunci Jawaban :
1.
Gambar
hutan yang rusak/gundul
2.
Penebangan
liar yang dilakukan manusia
3.
Dapat
meninbulkan longsor dan banjir
4.
Memberikan
sanksi bagi pelakunya, menanam kembali hutan yang rusak/gundul
Skor
penilaian pengetahuan :
Jumlah
skor yang diperoleh X 100 = skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Bagian II
Selesaikan
soal-soal berikut dengan benar !
a. : =
b. : =
c. : =
d. : =
e. : =
(setiap
butir soal memiliki bobot nilai 2, skor maksimal 10)
Kunci
jawaban :
a.
x =
b.
x = =
c.
x =
d.
x =
Skor
penilaian pengetahuan :
Jumlah
skor yang diperoleh X 100 = skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Format Penilaian
Nama
siswa
|
Hasil Penilaian Pengetahuan
|
|||||
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
||||
Tercapai (v)
|
Belum tercapai (V)
|
Tercapai (v)
|
Belum tercapai (V)
|
Tercapai (v)
|
Belum tercapai (V)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1.
Aspek (1) :
menjelaskan perubahan alam akibat perilaku manusia dan dampaknya
2.
Aspek (2) : mengenal arti pembagian pecahan dan melakukan
operasi pembagian pecahan
3.
Aspek (3) : menggali informasi dan menemukan bukti
pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam.
|
c. Penilaian
keterampilan
KETERANGAN :
Pengetahuan : Baik sekali :
skor 4
Baik : skor 3
Cukup :
skor 2
Perlu bimbingan : skor 1
Penggunaan bhs Indo : Baik sekali : skor 4
Baik :
skor 3
Cukup :
skor 2
Perlu bimbingan : skor 1
Kemandirian : Baik sekali :
skor 4
Baik : skor 3
Cukup :
skor 2
Perlu bimbingan : skor 1
Keterampilan : Baik sekali : skor 4
Baik :
skor 3
Cukup :
skor 2
Perlu bimbingan : skor 1
Keterangan
:
Pengetahuan : Baik sekali : skor 4
Baik :
skor 3
Cukup :
skor 2
Perlu bimbingan : skor 1
Kemandirian : Baik sekali : skor 4
Baik :
skor 3
Cukup :
skor 2
Perlu bimbingan : skor 1
Keterangan
:
Pengetahuan : Baik sekali : skor 4
Baik :
skor 3
Cukup :
skor 2
Perlu bimbingan : skor 1
Mekanisme : Baik sekali : skor 4
Baik :
skor 3
Cukup :
skor 2
Perlu bimbingan : skor 1
Kemandirian : Baik sekali : skor 4
Baik :
skor 3
Cukup :
skor 2
Perlu bimbingan : skor 1
Skor
Penilaian Rubrik :
Jumlah skor yang didapat
X 4 = skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
REMEDIAL
PENGAYAAN
Indeks Nilai Kuantitatif dengan Skala 1-4 dan 0-100
Konversi Nilai Akhir
|
Predikat (Pengetahuan dan Keterampilan)
|
|
Skala 0-100
|
Skala 1-4
|
|
86-100
|
4
|
A
|
81-85
|
3,66
|
A -
|
76-80
|
3,33
|
B +
|
71-75
|
3,00
|
B
|
66-70
|
2,66
|
B -
|
61-65
|
2,33
|
C+
|
56-60
|
2
|
C
|
51-55
|
1,66
|
C -
|
46-50
|
1,33
|
D +
|
0-45
|
1
|
D
|
Lagu
Naik-naik Ke Puncak Gunung
Naik-naik
ke puncak gunung
Tinggi-tinggi
sekali
Naik-naik
ke puncak gunung
Tinggi-tinggi
sekali
Kiri-kanan
kulihat saja banyak pohon cemara
Kiri-kanan
kulihat saja banyak pohon cemara
Bandung,
6 Juni 2014
Guru
Kelas V
Mengetahui
Kepala Sekolah
SDN.
Jayasakti 02
AMIR EFENDI, S.Pd CAHYADI,
S.Pd
NIP.
19670204 199103 1 008 NIP.
19801230 200501 1 007
0 komentar: